Sabtu, 03 Desember 2011

Karakteristik Ibu Dengan Abortus Inkompletus di RSU

iklan1

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Tingginya AKI menurut Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 1997 yaitu 334/100.000 kelahiran hidup. Mengingat masih tinggi AKI maka pada tanggal 12 Oktober 2003 pemerintah telah mencanangkan Gerakan Nasional kehamilan yang aman atau Making Pragnancy Safer (MPS) sebagai strategi pembangunan kesehatan masyarakat menuju Indonesia Sehat 2010 dan menetapkan target dengan menurunkan AKI menjadi 125/100.000 kelahiran hidup di tahun 2010 (Saefudin, 2001).
Penyebab kematian ibu di Indonesia adalah perdarahan (30%), infeksi (12%), eklampsi (25%), abortus (5%), partus lama (5%), emboli obstetri (3%), komplikasi masa nifas (8%) dan penyebab lainnya (12%). Perdarahan yang menyebabkan kematian ibu yang sekarang banyak ditemui adalah abortus. Menurut SDKI tahun 1997 menunjukkan bahwa wanita berstatus menikah melakukan abortus masih tinggi berkisar 9,2% dengan alasan tidak menginginkan anak lagi atau untuk menjarangkan kehamilan, tetapi tidak menggunakan alat kontrasepsi (Depkes RI, 2001).
Keguguran/abortus merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada ibu hamil juga pada janin di dalam kandungan dimana usia kehamilan kurang dari 22 minggu atau berat badan janin 1000 gr dan abortus ini bisa terjadi karena kondisi ibu yang lemah, kehamilan yang tidak diinginkan dan kehamilan di luar nikah. Keguguran atau abortus sering terjadi adalah abortus inkompletus, dimana janin yang dikandungnya sudah keluar sebagian dan sebagian lagi tinggal di dalam rahim. Bila keguguran ini terjadi harus segera ditangani untuk mengatasi perdarahan yang banyak yang dapat menyebabkan kematian pada ibu (Manuaba, 1998).
Pada tahun 2000, WHO memperkirakan 2/3 kehamilan di dunia merupakan kehamilan yang tidak diinginkan yaitu sekitar 50 juta per tahun. Sebanyak 60% mendapat pertolongan yang aman dan 40% mendapat pertolongan tidak aman. Hal ini menyumbangkan AKI 15-20% diperkirakan sekitar 700.000 wanita/ibu meninggal per tahun akibat abortus tak aman, yaitu 1 diantara 10 kehamilan atau 1 diantara 7 kelahiran. 90% terjadi di negara berkembang yang merupakan 15 kali angka kematian dibanding di negara maju (Affandi, 2008).
Di Indonesia diperkirakan sekitar 2-2,5% mengalami keguguran setiap tahun sehingga secara nyata dapat menurunkan angka kelahiran menjadi 1,7 per tahunnya (Manuaba, 2001).
Berdasarkan kutipan Syahrianti tahun 2004 mahasiswi Politeknik Kesehatan Medan Program Studi Kebidanan Pematang Siantar yang dikemukakan oleh Siegler dan Eastman, Insidenabortus secara umum berkisar 10% dari seluruh kehamilan. Demikian juga di Rumah Sakit Pirngadi Medan tahun 2003, prevalensi abortus meningkat sesuai dengan usia ibu 12% pada usia 20 tahun dan 50% pada usia 45 tahun dan 80% dari abortus terjadi pada bulan ke 2-3 kehamilan menurut Eastman dan 76% menurut Simens (Syahrianti, 2004).
Berdasarkan survei awal yang dilakukan peneliti di Rumah Sakit Dr. F.L. Tobing Sibolga, peneliti memperoleh data terjadi peningkatan abortus inkompletus dari tahun ke tahun. Pada tahun 2006 ada sebanyak 30 kasus dari 228 persalinan, tahun 2007 ada sebanyak 38 kasus dari 208 persalinan.
Melihat masih tingginya angka abortus inkompletus, maka penulis termotivasi melakukan penelitian tentang “Karakteristik Ibu Dengan Abortus Inkompletus Di RSU. Dr. F. L. Tobing Sibolga Tahun 2008”.

B.    Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang tersebut, maka penulis merumuskan tentang “Bagaimanakah Karakteristik Ibu Dengan Abortus Inkompletus di RSU. Dr. F.L. Tobing Sibolga Tahun 2008?”.

C.    Tujuan Penelitian
C.1.    Tujuan Umum
Untuk mengetahui Karakteristik Ibu Dengan Abortus Inkompletus RSU. Dr. F.L. Tobing Sibolga Tahun 2008.
C.2.    Tujuan Khusus
C.2.1.    Untuk mengetahui karakteritik ibu dengan abortus inkompletus berdasarkan usia ibu.
C.2.2.    Untuk mengetahui karakteritik ibu dengan abortus inkompletus berdasarkan pendidikan ibu.
C.2.3.    Untuk mengetahui karakteritik ibu dengan abortus inkompletus berdasarkan pekerjaan ibu.
C.2.4.    Untuk mengetahui karakteritik ibu dengan abortus inkompletus berdasarkan pekerjaan suami.
C.2.5.    Untuk mengetahui karakteritik ibu dengan abortus inkompletus berdasarkan paritas.
C.2.6.    Untuk mengetahui karakteritik ibu dengan abortus inkompletus berdasarkan usia kehamilan.
C.2.7.    Untuk mengetahui karakteritik ibu dengan abortus inkompletus berdasarkan riwayat kehamilan yang lalu.

D.    Manfaat Penelitian
D.1.    Bagi Peneliti
1.    Sebagai sarana pengembangan diri dan penerapan pengetahuan yang diperoleh penulis tentang metodologi penelitian.
2.    Sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Diploma III Kebidanan di Akbid Nauli Husada Sibolga.
D.2.    Bagi Institusi Pendidikan
Sebagai bahan bacaan di perpustakaan Akbid Nauli Husada Sibolga.
D.3.    Bagi Institusi Rumah Sakit
Sebagai bahan evaluasi dan satu dasar memiliki langkah yang tepat dalam upaya melakukan asuhan dan pengobatan yang komprehensif terhadap penderita abortus inkompletus.
D.4.    Bagi Masyarakat
Sebagai bahan tambahan informasi mengenai abortus inkompletus.


Download KTI Skripsi Kebidanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran No.153

untuk melihat kelengkapan isi KTI Skripsi silahkan KLIK DISINI

Tidak ada komentar: